Belajar Teknik Panning Dalam Fotografi

Apa itu Panning? 

Panning yakni salah satu teknik fotografi yang dipakai untuk membekukan gerakan benda yang bergerak. Ide dibalik teknik panning ini yakni untuk mengatasi duduk masalah dalam menangkap objek yang bergerak cepat. Ciri-ciri foto dengan memakai teknik panning yakni fokus dengan tajam terhadap objek yang bergerak sedangkan background nya blur atau kabur. 
F1 GP by Prescott

Bagaimana cara teknik foto panning
  • Pilih Shutter Speed yang lebih rendah dari yang Anda sering gunakan. Mulai dengan 1/30sec lalu coba-coba dengan Shutter Speed yang lebih rendah. Shutter Speed yang dipakai tergantung pada jumlah cahaya dan kecepatan objek, gunakan 1/60sec hingga 1/8sec. 
  • Posisikan diri Anda di kawasan dimana pandangan Anda terhadap objek tidak akan terhalang oleh siapapun, atau apapun. Juga mempertimbangkan latar belakang objek Anda, meskipun akan blur namun jangan hingga mengganggu terhadap objek Anda. Background yang berwarna atau cenderung menghasilkan blur yang bagus. 
  • Jika Anda memakai lensa yang panjang, gunakan tripod atau monopod dengan head yang sanggup berputar biar pergerakan kamera mulus dalam mengikuti objek. 
  • Jika Anda memakai kamera dengan auto focus motor Servo Anda sanggup membiarkan kamera melaksanakan focus mengikuti pergerakan objek dengan menekan setengah tombol Shutter. 
  • Jika kamera Anda tidak mempunyai auto focus yang cukup cepat Anda harus melaksanakan pra-fokus pada kamera Anda di kawasan dimana Anda akan menekan tombol Shutter. 
  • Ikuti pergerakan objek sambil menekan setengah tombol Shutter untuk mengambil focus pada objek, jikalau pergerakan tangan Anda sudah relative sama dengan objek maka tekan penuh tombol Shutter (lakukan selembut mungkin untuk mengurangi guncangan kamera). 
  • Setelah Anda menekan tombol Shutter terus ikuti arah pergerakan objek hingga proses pengambilan gambar selesai. 
  • Terakhir jangan lupa practice, practice and practice. Lakukan banyak latihan dalam mempraktekkan teknik Panning.

Video Tutorial Teknik Panning Dalam Fotografi:

Disqus Comments

Popular Post

Cloud Categories

Android (7) Iphone (4) lainnya (53) Smartphone (1)